"/>

Tips Aman Memilih Piano Bekas

Sowroom-Piano

Sowroom-Piano

Inilah tips atau tahapan cara untuk membeli piano bekas, agar anda mendapatkan piano yang terbaik dengan budget yang terjangkau dengan pilihan membeli piano bekas/second:

1.Mainkan dan dengarkan suaranya

Membeli piano yang harus diperhatikan adalah suaranya karena dari piano yang dibeli adalah suaranya.
Cari karakter suara piano yang nyaring dan keras suaranya. Mainkan beberapa lagu yang lembut dan lagu yang keras maka akan terlihat atau terdengar karakter suara piano tersebut apakah piano tersebut suaranya nyaring/keras atau mendem.

2.Lihat seluruh body piano

Periksa seluruh body piano apakah ada yang lecet-lecet gompal atau bahkan somplak. Piano bekas yang baik adalah apa adanya tidak terlalu mulus. Hati-hati bila piano terlihat cat/body finisingnya bagus dan mulus biasanya piano telah direkondisi/cat ulang. Piano bagus dan mulus yang seperti ini memang terlihat menarik, tapi jangka waktu tiga bulan kedepan cat bisanya akan terlihat retak-retak/mengelupas.

3.Periksa soundboard

Sounboard

Sounboard

Soundboard adalah kayu yang ada di belakang piano yang seratnya lurus (kayu siprus). Apakah soundboard kondisinys baik atau keropos, lapuk atau bahkan bekas banjir. Soundboard sangat penting keadaanya untuk piano dan sangat menentukan suara sebuah piano tersebut bagus atau tidak layak.

4.Periksa mekanik piano

Tuning Pin

Tuning Pin

Pertama kalau topboard(penutup diatas tuts piano) dibuka akan terlihat hammer/pemukul piano rata atau tidak. mekanik yang baik adalah rata tidak ada hammer yang menonjol keluar dari b arisan hammer.

5.Periksa kesetabilan Tuts

Hammer Piano

Hammer Piano

Coba tekan tuts satu persatu ada yang macet atau tidak(bila ditekan tidak balik lagi berarti kondisi tuts piano macet)
Tekan dengan satu jari dari kanan kekiri dan dari kiri kekanan(tidak menekan satu-satu lalu diangkat tapi secara bergantian dengan jari tangan berjalan diatas tuts piano) Bila jari tangan berjalan tuts piano tersebut bagus dan sebaliknya bila jari tidak berjalan diatas tuts piano, tuts piano tersebuat tidak layak untuk dipakai.

6.Periksa string/senar piano

Frame

Frame

String yang bagus tidak berkarat dan terlihat bersih.

7.Tanyakan kepada penjual merk dan type

Tanyakan merk dan type no. seri pembuatan piano tersebut dan catat.

8.Product import/lokal

Tanyakan product dari negara mana, biasanya piano produksi dari Eropa, Jepang, Korea China atau lokal Indonesia.
Cek asal merek piano tersebut apakah penjual mengetahui product yang dijual atau tidak. Cek piano tersebut di Internet.

9.Tanyakan Garansi

Jangan tergiur dengan garansi yang panjang, biasaya 2tahun garansi untuk piano second/bekas dan include perawatan stem 3x, bangku piano, cover piano/tutup piano, cover tuts, heater/pemanas piano

10.Service Deliveri/pengirimanya

Bila membeli piano sudah termasuk ongkos kirim. Bila pembeli luar kota pengiriman ke luar kota baru ada kesepakatan ongkos kirim tergantung lokasi dan jasa exspedisinya.

11.Tanyakan harganya

Tanyakan harganya harga pas atau ada discount, apakah bisa dengan pembayaran bertahap/angsuran. Tanyakan leasing mana yang akan di pakai.

12.Merk dan Type yang sama coba bandingkan harga dengan toko lainya

Jangan sekali-kali menyampaikan kepada penjual sudah mengecek harga di toko tertentu, biasanya penjual kurang menyukai bila di bandingkan dengan toko penjual lainya(kompetiter).

13.Jangan sekali-kali meminta bantuan orang lain/guru piano untuk mengecek piano

Kalau meminta bantuan ke orang lain atau bahkan Guru piano untuk mengecek kondisi piano, perhatikan apakah dia mengarahkan ke toko tertentu? bila mengarahkan ke toko tertentu, biasanya orang tersebut sudah berhubungan dengan toko piano/penjual dan harga piano akan menjadi lebih tinggi/mahal. Tapi bila anda ada uang untuk itu tidak masalah anggap saja membayar jasa mereka bahwa piano tersebut kondisi dan suaranya baik.

sekali-kali ke toko lain dengan tidak membawa orang tersebut.

Demikianlah tips singkat dari kami semoga bermanfaat.

Shortlink:

pulsagram, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA untuk memastikan bahwa anda bukan robot * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.